Suara.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H, antara 19 April – 27 April 2023.
Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar lebih dari 37 persen.
Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, sekitar 17 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadhan.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, persiapan khusus sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk menyediakan layanan terbaik di libur Lebaran ini.
“Pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis,” ujarnya dalam keterangan resminya, Minggu (30/4/2023).
Dia menambahkan bahwa akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan.
Selama periode Libur Lebaran, trafik layanan didominasi oleh file access (Whatsapp, Facebook, Instagram File Access) mencapai 36 persen, Instan Messaging 33 persen, Games 11 persen dan Streaming yang mencapai 10 persen, serta layanan lainnya mencapai 9 persen.
Untuk layanan streaming video juga mengalami kenaikan, seperti Netflix mencapai 36 persen, Disney Hotstar 22 persen, TikTok 12 persen dan YouTube naik 5 persen.
Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 43 persen.
Baca Juga: Klarifikasi Bos XL Axiata Disebut Resign Dadakan
Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 55 persen, Twitter 15 persenm dan Meta (Facebook) 4 persen.