HALLO LIFESTYLE – Dua hari lalu Google mengumumkan beberapa pembaruan pada algoritma di mesin pencarinya. Pembaruan ini akan lebih menekankan pada kedalaman konten dibanding sekedar optimasi kata kunci.
Pengumuman ini ditulis oleh Danny Sullivan (Public Liaison for Search) di Blog Google. Tentu informasi ini sangat bermanfaat, seperti tujuan dari pembaruan oleh Google.
Banyak dari kita yang pernah mengalami frustrasi saat mengunjungi sebuah situs yang sepertinya memiliki apa yang kita cari, tetapi berakhir dengan zonk. Tidak sesuai dengan harapan kita.
Kontennya mungkin tidak memiliki wawasan yang diinginkan, atau bahkan mungkin tidak tampak seperti dibuat untuk, atau bahkan oleh, seseorang.
Maka usaha Google ini akan menjadi sangat relevan. Hasilnya adalah pengguna akan mendapat hasil pencarian yang lebih bermanfaat, yang memang dibuat untuk manusia, sebagai lawan dari halaman web yang dirancang murni hanya dengan mempertimbangkan peringkat SERP.
SERP (Search Engine Results Pages) adalah tujuan utama dari Search Engine Optimization (SEO) agar konten-konten yang dibuat dapat menempati urutan atas atau halaman pertama.
Jadi SERP adalah halaman yang ditampilkan Google dan mesin pencari lainnya untuk menunjukkan hasil dari pencarian pengguna ketika mengetikkan kata kunci (keyword).
Singkatnya, SEO merupakan cara gratis agar situs kalian bisa muncul di SERP.
Target utama Google dengan pembaruan baru ini adalah situs agregator berkualitas rendah, yang bertujuan untuk mencocokkan dengan istilah pencarian umum untuk menyedot lebih banyak lalu lintas Penelusuran.
Pembaruan ini akan memicu perubahan dalam pendekatan SEO yang lebih luas.