Jakarta, CNN Indonesia —
Mitsubishi telah mendandani Xpander Cross, varian gagah Xpander yang ditujukan buat melawan low SUV seperti Toyota Rush atau Honda BR-V. Mobil ini sekarang dibekali tampilan lebih SUV dan punya fitur berkendara canggih.
Wajah Xpander Cross kini mengikuti desain Xpander facelift yang meluncur November 2021. Desain kuncinya adalah lampu utama bentuk ‘T’, gril trapezoid, bumper depan dan belakang, serta roof rail kini warnanya diubah dari perak menjadi hitam.
Lalu terdapat juga perubahan pada desain pelek namun ukurannya tetap 17 inci seperti sebelumnya. Kemudian bagian wheel arc atau area bodi di atas roda digambar ulang yang sekarang semakin menunjukkan karakter SUV meski mobil ini tetap diposisikan sebagai low MPV seperti Xpander.
Interior
Masuk ke kabin, perubahan paling signifikan yakni terdapat wireless charger di area dasbor. Kemudian pengemudi akan dapat penyegaran mata karena meter cluster kini bentuknya LCD 8 inci mirip Pajero Sport.
Hal lain yang mirip Pajero Sport adalah bagian kemudi. Mitsubishi juga sudah memperbaiki kemudi agar bisa otomatis perlahan balik ke posisi semula setelah digerakkan memutar.
Kemudian Mitsubishi juga menambahkan multi around monitor. Fitur ini berupa sistem kamera yang memberi tampilan dari atas untuk memantau sekitar mobil melalui layar dasbor.
Active Yaw Control (AYC)
Fitur penting di New Xpander Cross adalah Active Yaw Control (AYC). Kerja fitur ini untuk melakukan pengereman otomatis pada salah satu atau kedua roda penggerak (roda depan) ketika di situasi membelok berbahaya.
AYC bekerja bersama Active Stability & Traction Control (ASC) dan Auto-braking system (ABS). Menurut Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), fitur ini tak bisa dimatikan secara manual oleh pengemudi.
Pengemudi bisa memantau efektivitas kerja AYC melalu indikator khusus di meter cluster.
“Fitur ini aslinya ada di Mitsubishi Lancer Evolution, namun berkembang ke mobil lain [Eclipse Cross]. ASC untuk mengontrol mobil dalam setiap kondisi, beda dari AYC yang lebih ke membelok dan pengereman, terutama untuk kondisi jalan licin dan kecepatan tinggi,” kata Director of Product Strategy Division MMKSI Hikaru Mii di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Senin (15/8).
Mitsubishi juga sudah memperbarui suspensi belakang New Xpander Cross yang diperbesar seperti mobil mewah Eropa. Perubahan dijelaskan terdapat pada ukuran silinder peredam kejut, balok torsi dan katup.
Xpander Cross juga tetap punya fitur keselamatan yang ada sebelumnya, yaitu dual SRS airbag, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal.
Xpander Cross kini dibekali warna baru, yaitu Green Bronze Metallic. Selain itu ada empat pilihan warna lainnya yakni Graphite Gray Metallic, Blade Silver Metallic, Quartz White Pearl, dan Jet Black Mica.
Hanya ada dua varian Xpander Cross terbaru, yaitu MT yang dilego Rp309,95 juta dan CVT Premium Package Rp335,75 juta. Sebagai perbandingan Toyota Rush dilego Rp278,8 juta – Rp302,2 juta dan Honda BR-V Rp281,1 juta – Rp348,6 juta.
(fea)