Jakarta (ANTARA) – Konsumsi game online turut menyumbang kenaikan trafik internet operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison pada periode liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
“Upaya Indosat dalam menjaga performa jaringan dan menghadirkan layanan telekomunikasi digital sepanjang momen spesial perayaan natal 2023 dan tahun baru 2024 membuktikan komitmen kami untuk terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” kata Direktur dan pimpinan teknologi Indosat Ooredoo Hutchison Desmong Cheung dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.
Indosat mencatatkan kenaikan trafik data internet sebesar 8,4 persen pada 24 Desember dan 8,9 persen pada 31 Desember dibandingkan dengan rerata hari normal. Pengunaan game online antara lain “Mobile Legends”, “Roblox”, “Call of Duty”, “Genshin Impact” dan “PUBG” menyumbang kenaikan trafik data operator seluler tersebut.
Baca juga: Indosat jalin kerja sama untuk dukung kemajuan UMKM
Indosat juga mencatat penggunaan aplikasi Instagram, WhatsApp, Facebook, YouTube dan TikTok naik sehingga memicu lonjakan trafik internet pada malam Tahun Baru.
Sebelum periode liburan Natal dan Tahun Baru, Indosat sudah mengantisipasi kenaikan trafik internet dengan meningkatkan konektivitas jaringan di 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik.
Operator seluler tersebut juga menyiagakan pusat komando selama 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu, yang didukung dengan penggunaan kecerdasan buatan untuk memantau kualitas jaringan dan mengatasi keluhan yang muncul.
Indosat Ooredoo Hutchison saat ini memiliki setidaknya 172.000 menara BTS 4G yang tersebar di seluruh Indonesia.
Baca juga: Indosat optimalkan infrastruktur dan kapasitas jelang akhir tahun
Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison targetkan ekspansi di luar Jawa untuk 2024
Baca juga: Generasi muda jadikan ICStar sebagai ajang unjuk kemampuan IT
Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024