Youtube, jejaring media sosial video berencana memberikan nama baru kepada Chanel Youtube atau penggunanya, mirip dengan cara pemberian nama Tiktok, pesaingnya.
Format nama baru itu nanatinya berupa @username, mirip cara pemberian nama pengguna Tiktok. Selama ini Youtube memberikan nama berupa kode-kode yang panjang dan bersifat khusus.
Cara pemberian nama ini juga mirip yang digunakan Twitter dengan menggunakan tanda @ di depan username penggunanya.
“Mengumumkan pegangan YouTube: pengenal unik untuk membantu orang lebih mudah menemukan & terhubung dengan Anda & saluran Anda. URL saluran Anda yang ada, nama, dll akan terus berfungsi & kami akan memberi tahu Anda ketika Anda dapat memilih pegangan Anda,” kata Team Yotube dalam cuitannya di Twitter, dikutip MediaBanten.Com, Selasa (11/10/2022).
Dikutip blog Youtube, cara baru itu untuk menemukan dan berinteraksi dengan pembuat konten dengan mudah di YouTube. Setiap saluran akan memiliki pegangan yang unik.
Handle akan muncul di halaman channel dan Shorts, sehingga bisa langsung dikenali dan konsisten. Cara ini lebih mudah dan lebih cepat untuk saling menyebutkan dalam komentar, pos komunitas, deskripsi video, dan lainnya.
Misalnya, pembuat konten dapat disebut di komentar atau diberi tag dalam judul kolaborasi terbaru, membantu mereka meningkatkan visibilitas dan jangkauan dengan pemirsa baru.
Cara ini diharapkan, pembuat konten dapat lebih jauh membangun keberadaan dan merek di YouTube.
“Selama bulan depan, kami akan memberi tahu pembuat konten saat mereka dapat memilih nama saluran untuk salurannya,” tulis dalam blog Youtube.
Cara baru itu akan dilakukan secara bertahap. Waktu kapan pembuat konten akan mendapatkan akses ke proses pemilihan pegangan bergantung pada sejumlah faktor, termasuk keberadaan YouTube secara keseluruhan, jumlah pelanggan, dan apakah saluran tersebut aktif atau tidak aktif.
Saat kreator memilih nama mereka, kami juga akan membuat URL yang cocok (mis: youtube.com/@handle) sehingga pembuat konten dapat dengan mudah mengarahkan orang ke konten mereka.
Jika saluran sudah memiliki URL yang dipersonalisasi, tidak perlu memperbarui tautan. Tautan tersebut akan otomatis dialihkan ke URL baru yang berbasis pegangan untuk menciptakan kehadiran yang lebih baik dan lebih terpadu bagi pembuat konten di YouTube.
“Kami ingin memastikan kreator dapat membuat identitas yang unik seperti konten mereka, sekaligus memberikan keyakinan kepada penonton bahwa mereka berinteraksi dengan kreator favorit mereka,” katanya.
YouTube mengklaim dengan fitur handles ini juga bisa menjadi dorongan yang diperlukan bagi pembuat konten yang tidak ada di YouTube untuk bergabung dengan platform atau mengelola akun mereka.
Hal itu karena biasanya pengguna membutuhkan 100 atau lebih pelanggan untuk membuat URL khusus.
Dikutip The Verge, penambahan handles dianggap membawa YouTube lebih sejalan dengan TikTok seperti perusahaan menggandakan investasinya ke Shorts.
Bulan lalu, YouTube mengumumkan akan membawa monetisasi ke Shorts, membiarkan pembuat konten mendapatkan 45 persen dari pendapatan iklan.
YouTube juga menambahkan pembaruan seperti watermark Shorts sebagai penanda jika konten diunggah di platform lain, dan alat untuk menggunakan video yang lebih panjang dalam YouTube Short. (* / Editor: Iman NR)
DIBACA: 8